Dinkop UKM Luncurkan Rumiko

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Purbalingga, Selasa (25/7) meluncurkan layanan Rumah Usaha Mikro (Rumiko) di Griya UMKM Jalan Mayjen Sungkono Kompleks Pasar Segamas. Rumiko merupakan pemberdayaan usaha mikro untuk mendukung gerakan Bela-Beli Produk Purbalingga.

           Kepala Dinkop UKM Purbalingga Drs Imam Sudjono mengatakan, berdirinya Rumiko dilatarbelakangi adanya permasalahan dalam pengembangan UMKM khususnya dalam hal sumberdaya manusia (SDM), pemasaran dan permodalan. Rumiko mensinergikan dan mengkolaborasikan berbagai stakeholders baik internal maupun eksternal pemerintah untuk bersama sama mengambil peran dalam rangka membantu para pelaku usaha mikro agar bisa tumbuh dan berkembang.

“Kebijakan Pemkab Purbalingga melalui gerakan Bela Beli Produk Purbalingga sudah sangat jelas membuktikan komitmennya dalam mendorong pengembangan UMKM. Gerakan Bela Beli Produk Purbalingga telah mengingatkan akan arti pentingnya  mencintai dan bangga dengan produk lokal. Oleh karena itu semangat membela dan membeli produk Purbalingga hendaknya dapat ditangkap sebagai peluang usaha oleh para pelaku usaha mikro dengan cara terus berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan produk produk yang berkualitas,” kata Imam Sudjono.

Sementara itu Kepala Bidang UMKM, Istriyati, S.Sos, M.Si mengatakan, Rumiko diharapkan bisa menjadi solusi bagi para pelaku usaha mikro dalam meningkatkan kualitas usahanya karena Rumiko siap memberikan pelayanan yang dibutuhkan seperti konsultasi usaha, konsultasi pemasaran, fasilitasi akses permodalan, desain dan kemasan. “Bahkan rumiko telah menjalin kerjasama dengan Kesanku Packaging Unsoed.  Pelaku usaha mikro yang membutuhkan kemasan produk saat ini sudah bisa dilayani di griya UMKM,” kata Istriyati.

Istriyati menambahkan, sebagaimana filosofi rumah yaitu tempat berkumpulnya sebuah keluarga maka Rumiko juga menjadi rumah bersama, tempat berbagi cerita, berbagi pengalaman dan berbagi keberhasilan. “Motto rumiko adalah rumah yang tepat untuk menjalin silaturahmi usaha,” tambah istriyati

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.