Konsultan PLUT Purbalingga Berbagi Ilmu Kopi

Purbalingga – Dalam usahanya meningkatkan ekonomi kerakyatan, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Brebes menggelar Pelatihan Pengolahan Kopi di Kecamatan Salem, Desa Ciputih, Kabupaten Brebes.

Kegiatan ini memang ditujukan bagi para petani kopi di Desa Ciputih. Diketahui bahwa hasil panen kopi selama ini memang cenderung hanya dijual secara mentahan ke berbagai kota. Kurangnya informasi dan keterampilan yang dimiliki para petani kopi menjadi alasan utamanya.

Pelatihan yag dilaksanakan pada 11 Juli 2018 lalu ini turut menggandeng Konsultan PLUT-KUMKM (Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah) Kabupaten Purbalingga, Trias Adi Purnomo, SE sebagai narasumber. Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada pengolahan kopi saja, namun juga pada hal – hal dasar menngenai kopi yang ternyata berpengaruh penting. “Jadi intinya, kualitas dari kopi itu ditentukan oleh proses pemetikan biji. Biji yang sudah tua (cherry merah) akan menghasilkan kualitas kopi terbaik.” terang Konsultan PLUT Kabupaten Purbalingga ini.

Dalam kesempatan yang sama Beliau juga menjelaskan bahwa cita rasa kopi itu sendiri 60% ditentukan oleh petani, 30% oleh roaster, dan 10% oleh barista. Sehingga para petani kopi yang pada dasarnya paling mengenal bagaimana kopi itu sendiri akan mampu menghasilkan pendapatan yang lebih apabila paham benar soal cara merawat kopi pasca panen. (SIS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.