PLUT-KUMKM Serius Kembangkan Perkopian di Purbalingga

Purbalingga – Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kopi Kendil Randu Jambu Desa Sirandu Kecamatan Karangjambu melakukan studi banding mengenai manajamen budi daya tananan kopi terhadap kelompok tani “SELAMET” Desa Serang Kecamatan Karangreja. Kelompok tani “SELAMET” memang diketahui telah terlebih dulu memproses kopi secara baik dan benar.

Produk kelompok tani tersebut adalah Kopi Arabika Gunung Malang. Proses pasca panen sampai sortasi biji kopi sudah mereka lakukan dengan baik. Proses pasca panen kopi itu sendiri dikelola kelompok prosesor kopi “Galuh Lestari” yang digawangi oleh Kang Karsum. Berangkat dari sinilah KUB Kopi Kendil Randu Jambu berharap bisa meniru sistem menejemen yang telah diterapkan secara baik oleh kelompok tani SELAMET.

Untuk menjembatani ini, Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) yang bermarkas di Griya UMKM mengadakan sarasehan kopi di Deesa Gunung Malang Kecamatan Karangreja yang dilaksanakan hari ini Selasa 14 Agustus 2018 di basecamp kelompok prosesor kopi “Galuh Lestari”. Acara ini diharapkan bisa membuka wawasan KUB Kopi Kendil Randu Jambu guna meningkatkan kualitas kopi di Desa Sirandu. Semoga cita-cita KUB Kopi Kendil Randu Jambu bisa terwujud setelah studi banding ini.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.