LEGEN SEGAR PURBALINGGA

Sudah pernah mencicipi minuman legen asli Purbalingga? Legen nama lainnya adalah nira, istilah jawa adalah badeg. Silahkan datang ke kabupaten Purbalingga! Di Purbalingga, bisa langsung berkunjung ke petani nira atau legen kelapa biar melihat langsung proses pembuatan nira atau legen.

Nira adalah cairan yang manis yang diperoleh dari batang tanaman seperti tebu, bit, sorgum, mapel, atau getah tandan bunga dari keluarga palma seperti aren, kelapa, kurma, nipah, sagu, siwalan dan sebagainya.Nira dalam bahasa Jawa dikenal sebagai legen (Jw. legi, manis).

Kelapa merupakan tumbuhan yang semua bagiannya dapat dimanfaatkan. Nama Ilmiah kelapa adalah Cocos nucifera, anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Air nira didapat dari bunga-bunga kelapa yang masih muda dan tertutup oleh jambak-jambak mayang yang belum mekar yang biasa orang Jawa menyebutnya mayang atau kembang mayang. Mayang tersebut di potong bagian ujungnya sehingga mengeluarkan nira. Kemudian air nira tersebut ditampung menggunakan bambu. Hasil tampungan tersebut dapat diambil satu kali dalam sehari atau dua hari sekali pada pagi atau sore hari. Kegiatan tersebut dapat dilakukan sampai batang mayang habis dipangkas, setelah itu batang tersebut tidak dapat mengeluarkan air nira lagi. Kandungan yang terdapat di dalam air nira ada berbagai macam asam amino, vitamin dan zat gizi yang masih alami tanpa tambahan bahan pengawet apapun.

Proses pembuatan legen adalah air nira yang sudah di peroleh dari pohon kelapa, hanya dididihkan saja. Sangat mudahkan? Dapat diminum sebagai penyegar

Ayo! Ajaklah teman atau keluarga Anda untuk mencicipi minuman Purbalingga yang segar, murah dan sehat berupa badeg atau air nira kelapa. Selamat mencoba.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Nira

https://id.wikipedia.org/wiki/Kelapa

http://www.kesehatanpedia.com/2014/10/khasiat-air-nira-kelapa.html

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.