Potensi Lokal Menjadi Andalan Produk Desa Zona Merah

Purbalingga – DinkopUKM Kabupaten Purbalingga bersama tim menyasar dua desa di zona merah pada 9-10 Juli 2018 ini. Dua desa tersebut meliputi Desa Sidareja dan Desa Krenceng. Masing – masing desa menjadi fokus sasaran dikarenakan potensi tumbuh – tumbuhanya yang dapat dioptimalkan untuk menaikkan tingkat perekonomian desa, yaitu Desa Sidareja dengan potensi pisangnya dan Desa Krenceng dengan potensi ubi kayu dan umbi – umbian.

Saat ini banyak dijumpai aneka jenis pohon pisang di Desa Sidareja namun pemanfaatannya masih sangat terbatas. Masyarakat hanya menjual dalam bentuk buah mentah saja kepada pengepul yang sering berkeliling di desanya. Selain, itu Desa Sidareja mempunyai potensi alam dengan pemandangan sungai dan bukitnya. ” Dua potensi inilah yang akan dikembangkan agar bisa saling melengkapi dan bersinergi dengan DinkopUkm Purbalingga”, kata Doyo, nama akrab Kepala Desa Sidareja.

Sedangkan di Desa Krenceng, ubi kayu dan umbi-umbian hinge saat ini masih belum dioptimalkan menjadi olahan dengan nilai tambah. Padahal Krenceng termasuk penghasil ubi kayu yang cukup potensial karena tanahnya cocok ditanami umbi-umbian.

 

Mungkin Anda juga menyukai