Bentuk Sinergitas PLUT KUMKM dan PKH Melalui Bimbingan Teknis Kewirausahaan Bagi Keluarga Penerima Manfaat

Purbalingga – Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah menggelar Bimbingan Teknis Kewirausahaan pada Senin, 27 Agustus 2018 di Aula Kecamatan Padamara. Bimtek yang mengusung tema Peningkatan Kualitas Produk KUMKM “Startup Usaha Mikro Kecil” ini merupakan hasil sinergitas antara PLUT KUMKM dengan Program Keluarga Harapan (PKH) milik Kementrian Sosial Republik Indonesia wilayah Kabupaten Purbalingga.

“Kami memiliki visi misi yang berbeda namun dalam pengimplementasiannya dalam mencapai goal ternyata ada kesamaan. PKH yang punya program bagaimana para KPM ini suatu saat bisa graduasi mandiri dan terlepas dari bantuan dan PLUT KUMKM yang punya program untuk ‘menaik kelaskan UMKM’ menemukan shortway win – win dengan memberikan pelatihan kewirausahaan melalui dampingan PLUT, dengan harapan nantinya KPM bisa memanfaatkan bantuan itu untuk berwirausaha dan bisa mandiri.”, terang Shaktiana Ibela S, Konsultan Bidang SDM.

Sebanyak 20 peserta yang hadir dalam kegiatan ini merupakan perwakilan dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan yang telah memiliki usaha. Sebagian besar usaha yang sudah berjalan masih terbilang startup, sehingga manajemen usahanya pun masih belum banyak diterapkan.

Minimnya pengetahuan mengenai kewirausahaan menjadikan usaha para KPM ini cenderung stuck tanpa adanya progress yang siginifikan dalam omsetnya. “Dengan adanya kegiatan ini diharapkan apa yang akan disampaikan bisa bermanfaat untuk kedepannya, untuk memajukan usaha, dengan demikian Keluarga tersebut bisa menjadi lebih sejahtera dan mandiri.”, ungkap Korkab PKH Kab. Purbalingga, Hernawan Susilo.

Kegiatan yang dibuka oleh Kasi PMD Kecamatan Padamara Bapak Inu Karmulyo Adi ini diisi oleh para Konsultan PLUT KUMKM Kab. Purbalingga dengan mengupas materi seputar dasar – dasar manajemen usaha meliputi packaging/kemasan, pemasaran produk, pembukuan, dll. (SIS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.