KKN Unsoed Gandeng PLUT KUMKM dan Bank Indonesia dalam Sosialisasi Kewirausahaan

Purbalingga – Sebanyak 40 orang warga Desa Binangun hadiri Sosialisasi Kewirausahaan pada hari ini Senin, 13 Agustus 2018 di Balai Desa Binangun, Kecamatan Mrebet. Kegiatan yang merupakan program dari KKN Tematik Unsoed Purwokerto ini menyasar para pelaku usaha mikro sebagai peserta kegiatan.

“Wirausaha merupakan suatu proses untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan langkah untuk mengurangi jumlah pengangguran. Maka dari itu kewirausahaan ini penting untuk disosialisasikan, dengan tujuan nantinya mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.”, terang Aditya Octora Ketua Tim KKN Unsoed Desa Binangun.

Program sosialisasi yang dirancang oleh Tim KKN Unsoed Purwokerto ini memang dilaksanakan sebagai langkah pengembangan usaha warga Desa Binangun. Banyaknya pelaku usaha mikro didesa ini justru dirasa kurang berkontribusi dalam peningkatan ekonomi desa. Usaha yang sudah ada saat ini belum dikelola secara maksimal, padahal potensinya luar biasa.

“Kegiatan semacam ini sangat jarang dilaksanakan, maka dari itu kegiatan ini bisa menjadi bekal yang baik dan mohon untuk benar – benar serius mengikutinya. Dengan adanya sosialisasi kewirausahaan ini diharapkan satu persatu masyarakat Binangun akan meningkat dari segi ekonomi dan sosial bermasyarakatnya.”, ungkap Untung Budi selaku Kepala Urusan Bagian Umum Desa Binangun.

Tidak ketinggalan PLUT KUMKM pun turut dilibatkan dalam kegiatan yang bertemakan kewirausahaan ini. Khusus hadir dari PLUT KUMKM Provinsi Jateng, Konsultan Bidang Produksi, Kuswoyo sebagai narasumber, beliau berbagai ilmu seputar seberapa pentingnya packaging/kemasan suatu produk yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap pemasaran dan tingkat penjualan. Hingga tips serta trik – trik mendongkrak pemasaran pun dikupas tuntas oleh Ade Setiyawan selaku Konsultan Bidang Pemasaran PLUT KUMKM Kabupaten Purbalingga.

Dalam kegiatan ini hadir juga Arif Harnowo Perwakilan dari Departemen Pengembangan Keuangan Inklusif dan UMKM Bank Indonesia. Beliau mengungkapkan BI sangat mendukung program seperti ini kareana sejalan dengan Program Pengembangan Ekonomi Masyarakat milik BI yang berfokus pada pemberian edukasi kepada masyarakat luas dalam rangkan mengembangkan ekonomi masyarakat. (SIS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.