PLUT KUMKM Mengadakan Bimtek Guna Meningkatkan Nilai Jual Produk Melalui Inovasi Packaging

Purbalingga – Selama ini pelaku usaha masih banyak yang mengeluhkan permasalahan tentang teknik pengemasan. Pengemasan sendiri merupakan suatu faktor penting dalam menentukan masa depan usaha yang dilakukan karena kemasan dapat menarik minat beli para konsumen.

Terkait permasalahan di atas maka Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Purbalingga pada Senin, 25 Februari 2019 mengadakan Bimtek di desa Karangcengis, Kecamatan Bukateja dengan tema “Peningkatan nilai jual produk melalui perbaikan kemasan”.

Kegiatan yang dilaksanakan di gedung PKK Balai Desa Karangcengis ini diikuti oleh 20 pelaku UMKM yang tergabung dalam KWT Serayu Desa Karangcengis. Para peserta yang mengikuti Bimtek merupakan pelaku usaha berbagai olahan seperti dodol jambu, sirup jambu, kripik jambu, dan lain-lain.

Para pelaku usaha ini sudah memproduksi produk-produk yang mereka miliki, tetapi kemasan yang digunakan masih sangat sederhana sehingga produk-produk yang diproduksi belum mampu menembus pasar yang lebih luas. Hal ini yang mendasari adanya kegiatan Bimtek karena pelaku ingin menembus pasar yang lebih luas.

“Kemasan adalah silent salesman or girl karena kemasan itu mampu meningkatkan nilai jual sebuah produk”, terang Ade Setiawan selaku konsultan bidang Pemasaran PLUT KUMKM Kabupaten Purbalingga.

Dalam kesempatan yang sama Konsultan bidang Kelembagaan, Trias Adi Pramono juga mengungkapkan adanya bimtek ini adalah untuk mendobrak penghalang yang menghalangi pasar yang lebih luas.

Kepala Bidang UMKM, Adi Purwanto yang juga menghadiri Bimtek tersebut turut mengungkapkan harapannya, “Saya harap dengan adanya Bimtek ini dapat meningkatkan pemasaran yang lebih luas lagi. Sehingga produk-produk ibu-ibu semua dapat lebih menghasilkan lagi”. (YCE)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.