22 Perajin Kabupaten Purbalingga mengikuti INACRAFT 2019

Jakarta – Ajang International Handicraft Trade Fair 2019 (INACRAFT) ke-21 mengusung tema “Jakarta Diversity Multicultural Diversities” menawarkan beragam produk kerajinan dari seluruh penjuru Indonesia. Pameran kali ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk lokal Indonesia yang bervariasi, inovatif, fungsional tanpa meninggalkan sisi pendidikan dan tetap memperhatikan tren yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat di Indonesia dan memiliki potensi besar untuk bersaing di pasar global.

Acara yang telah diadakan pada 24-28 April 2019 di Jakarta Convention Center ini dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Dalam sambutannya, presiden memberikan apresiasi kualitas produk-produk kerajinan Indonesia yang semakin membaik dan berdaya saing. Untuk peserta yang mengikuti ajang kali ini sebanyak 1.700 yang terdiri dari 26% binaan dinas-dinas daerah, 9% dari kementrian/BUMN, dan sisanya 66% adalah peserta independen. Kabupaten Purbalingga sendiri melalui DinkopUKM Purbalingga memberangkatkan 22 orang perajin dari lintas kluster untuk mengikuti INACRAFT 2019.

“Selain mengikuti pameran di INACRAFT 2019, pada tanggal 24-28 April 2019, pada tanggal 25 April 2019, kami akan memberangkatkan 22 perajin Purbalingga dari lintas kluster,” kata Kepala DinkopUKM Purbalingga, Budi Susetyono, Selasa (23/4/2019).

Menurutnya, Inacraf merupakan pameran kerajinan terbesar di Indonesia dan merupakan barometer kerajinan tingkat nasional dan international.

“Untuk itu, salah satu tujuan mengikuti Inacraft adalah agar para perajin mengetahui perkembangan produk kerajinan dan tren yang sedang berkembang,” katanya.

Stand Kabupaten Purbalingga menampilkan “Patung Groot” kerajinan kayu dari D n D Craft dan Yu Paijem Craft. Kemudian ada berbagai macam kerajinan batok dari Armin Batoque dan Ibu Aning. Ada juga Wayang Suket dari Wisanggeni Art dan batik motif wayang suket dari Forum Pengrajin Batik Purbalingga. Kemudian, ada produk Hira Rajut, kreasi tenun Neona Craft, patung pahlawan dari Woro Craft dan aneka kerajinan lainnya. (YCE)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.